Minggu, 03 April 2011

pemrograman C++

Pemrograman C++
Dikirim oleh: Webmaster ( 2008-11-17, 11:19:09 )

Bahasa pemrograman C++ adalah sebuah bahasa pemrograman multi fungsi yang ciptakan pada awal era tahun 80-an oleh Bjarne Stroustrup, salah seorang peneliti di Bell Labs. C++ merupakan bahasa turunan dari bahasa C yang lebih dulu dikembangkan pada tahun 1971 oleh Dennis Ritchie yang juga salah seorang peneliti di Bell Labs. Karena merupakan turunan dari bahasa C, kita masih dapat menggunakan syntax perintah bahasa C didalam program C++ yang kita buat, bahkan kita juga dapat menggunakan compiler C++ untuk meng-compile program C yang kita buat.

Berbeda dengan bahasa C yang merupakan termasuk bahasa pemrograman terstruktur, C++ merupakan bahasa C yang ditambahkan dengan kemampuan untuk mengaplikasikan pemrograman berorientasi object (OOP - Object Oriented Programming). Meskipun sebenarnya dengan bahasa C, kita juga dapat membuat object dalam program yang kita buat salah satunya dengan menggunakan syntax struct, tapi dengan menggunakan C++ karena sudah mendukung OOP hingga untuk membuat object dan mengaplikasikan object yang kita buat akan menjadi lebih sederhana dibanding dengan menggunakan bahasa C.

Saat ini compiler C++ sudah mendukung berbagai system operasi, ada yang berbayar bahkan gratis untuk digunakan. Di Windows kita dapat menggunakan visual studio, di Linux dan turunan Unix dapat menggunakan compiler gcc yang biasanya sudah menjadi compiler default. Untuk memulai membuat program C++ dapat menggunakan IDE (Integrated Development Environment) yang banyak tersedia, baik yang berbayar maupun yang gratis yang dapat Anda unduh dari internet, meskipun sebenarnya cukup dengan menggunakan text editor kita sudah bisa membuat program C++.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar